Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Aplikasi Pembuat Jadwal Pelajaran Terbaik

Umumnya jadwal pelajaran dituliskan pada kertas dan ditempelkan di tembok. Namun saat ini, baik siswa, mahasiswa, guru, maupun dosen, dapat membuat jadwal pelajaran menggunakan aplikasi khusus. Dengan menggunakan aplikasi, jadwal tidak akan mudah hilang dan dapat diakses kapanpun.

10 Aplikasi Pembuat Jadwal Pelajaran Terbaik untuk Guru dan Siswa

aplikasi pembuat jadwal pelajaran

Berikut ini beberapa aplikasi pembuat jadwal pelajaran terbaik yang harus diinstal agar jadwal tidak bentrok:

1. Jadwal Sekolah – Task4U

Aplikasi pembuat jadwal pelajaran ini dirancang untuk siswa, guru, maupun dosen. Dengannya, pengguna akan bisa hidup lebih teratur dan disiplin. Lantaran, di dalam aplikasi Task4U sangat memungkinkan penggunanya menyimpan jadwal pelajaran, ujian, maupun pekerjaan rumah. Selain itu, informasi akan tersimpan dalam Cloud sehingga jadwal dapat dilihat kapanpun dan di perangkat manapun.

Salah satu keunggulan dari Task4U adalah dapat digunakan untuk mengintegrasikan semua aspek kehidupan akademis penggunanya. Pasalnya, dalam aplikasi terdapat fitur kalender standar yang bisa dirancang untuk membuat jadwal sekolah secara mudah. Hebatnya lagi, jadwal dapat dibuat dengan rotasi harian maupun mingguan.

2. Handy Timetable

Salah satu aplikasi praktis yang bisa digunakan untuk membuat jadwal pelajaran adalah Handy Timetable. Di dalam aplikasi Handy Timetable, memungkinkan penggunanya untuk membuat 2 macam jadwal, yaitu untuk sekolah dan studi. Selain itu, pengguna juga bisa membuat memo maupun tugas sekolah sehingga tidak ada yang terlewat.

Lebih lanjut, aplikasi ini menawarkan kemudahan dalam penggunaannya serta antarmuka yang intuitif. Kemudian didukung fitur yang memberikan kebebasan penggunanya dalam memberikan label di setiap periode. Bahkan pengguna juga bisa memisahkan minggu A atau B untuk membuat jadwal yang berbeda.

3. Timetable by Moritz Iseke

Tidak hanya sebagai aplikasi pembuat jadwal pelajaran saja. Timetable besutan Moritz Iseke ini juga akan membuat penggunanya lebih disiplin terhadap jadwal yang sudah dibuat. Karena, aplikasi akan mengirimkan pemberitahuan ketika penggunanya menyimpang dari jadwal yang sudah diatur. Menariknya, pengguna juga bisa menambahkan gambar, mengedit nilai, hingga menggunakan widget.

Istimewanya lagi di setiap mata pelajaran bisa dimasukkan bobot nilai. Kemudian rata-rata nilai akan dihitung secara otomatis. Pengguna juga dapat memasukkan daftar ujian yang akan datang beserta pemberitahuan sebelumnya, agar pengguna tidak lupa. Di samping itu, ada fitur jam absen apabila pengguna harus absen karena sesuatu hal yang urgent.

4. Lantiv Timetabler

Berikutnya ada aplikasi Lantiv Timetabler yang bisa digunakan oleh semua jenjang pendidikan, dari SD hingga Universitas. Aplikasi pembuat jadwal pelajaran ini menawarkan tampilan yang cukup menarik dan dapat digunakan secara kolaboratif. Di mana pengguna dapat menyusun jadwal pelajaran sekaligus bersama dengan teman.

Dengan sistem kolaboratif ini, akan memudahkan penggunanya dalam membuat jadwal, dikarenakan tugas akan dibagi menjadi beberapa user. Sehingga waktu penyusunan akan jauh lebih singkat.

5. Asc Timetables

Salah satu aplikasi pembuat jadwal pelajaran yang cukup populer adalah Asc Timetables. Aplikasi ini digunakan lebih dari 150 ribu orang. Tidak hanya dari kalangan pelajar saja melainkan juga para guru yang mengajar di sekolah. Tentu saja, ini dikarenakan fitur yang ditawarkan sangat sederhana sehingga mudah dipahami oleh siapapun.

Hal yang keren, Asc Timetables dapat digunakan untuk membuat jadwal pelajaran dengan lebih kompleks. Untuk memanfaatkannya, pengguna cukup mengisi kolom-kolom yang sudah disediakan oleh aplikasi. Selanjutnya jadwal sekolah maupun kegiatan sehari-hari bisa dicatat dengan mudah. Dengan begitu, tidak perlu khawatir terjadi jadwal yang berbenturan.

6. JPKE Free V1.24.04.16

Pengguna dapat menyusun jadwal pelajaran dengan lebih efisien dan efektif jika menggunakan aplikasi ini. Lantaran kapasitas mata pelajaran yang dapat dimasukkan mencapai 150, begitu pula dengan kapasitas pengampunya. Lain daripada itu, ada 4 macam kode mata pelajaran yang akan membuat pengguna lebih mudah dalam pemetaan setiap mata pelajaran di tiap kelas.

Menariknya, aplikasi ini dapat digunakan untuk 60 kelas sekaligus. Bahkan ada juga fitur rekap jumlah jam mengajar guru yang dilengkapi juga dengan pembagian kelasnya. Semua jadwal yang sudah dibuat pun dapat dicetak pada kertas serta dibagikan ke masing-masing kelas.

7. Class Up

Aplikasi lain yang bisa dimanfaatkan untuk membuat jadwal pelajaran melalui android adalah Class Up. Class Up sangat user friendly sehingga bisa digunakan untuk berbagai jenjang pendidikan mulai dari SD hingga Universitas. Aplikasi yang dirilis pada tahun 2015 ini sangat populer. Terbukti, lebih dari 500 ribu orang sudah mengunduh aplikasi ini melalui PlayStore.

Pada aplikasi pembuat jadwal pelajaran ini terdapat fitur-fitur yang cukup menarik. Semisal, pengguna dapat membuat jadwal harian melalui tabel warna-warni yang sudah disediakan. Menariknya, pada aplikasi ini juga terdapat fitur chat untuk berbincang dengan teman terkait pelajaran. Selain itu, ada fitur notifikasi untuk mengingatkan penggunanya.

8. Schedule Planner

Untuk membuat jadwal pelajaran agar lebih mudah dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi Schedule Planner. Pengguna hanya perlu membuat jadwal melalui android dan hasil akan langsung tersimpan di smartphone. Di samping kelebihannya itu, cara penggunaan Schedule Planner juga sangat mudah karena memiliki sistem yang sederhana.

Aplikasi ini sudah dilengkapi dengan beberapa fitur menarik bagi penggunanya. Seperti fitur perencanaan tugas yang bisa digunakan untuk menyusun jadwal belajar sesuai kebutuhan. Di samping itu, juga tersedia fitur lainnya yaitu Calendar View yang berfungsi untuk mengatur seluruh kegiatan sekolah berdasarkan tanggal. Dengan begitu aktivitas sehari-hari akan jauh lebih tertata.

9. Any.do: To-do-list

Tidak hanya user friendly saja, aplikasi pembuat jadwal pelajaran ini juga mampu membantu penggunanya untuk mengatur aktivitas sehari-hari. Apalagi bagi pelajar yang memiliki kegiatan lumayan padat. Melalui aplikasi ini, maka semua jadwal pelajaran maupun kegiatan sekolah akan tersusun dengan rapi dan baik.

Aplikasi ini juga dibekali dengan fitur notifikasi untuk mengingatkan kegiatan apa saja yang harus diselesaikan dengan segera. Dengan begitu, tidak akan ada kegiatan yang terbengkalai. Baik kegiatan sekolah, ekstrakulikuler, dan aktivitas di luar sekolah lainnya. Selanjutnya, kegiatan belajar dan ekstrakurikuler akan berjalan dengan seimbang.

10. Unitime University Timetabling System

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dirancang untuk mahasiswa. Mengingat para mahasiswa memiliki jadwal yang menumpuk baik untuk mata kuliah maupun kegiatan lain. Sehingga perlu dilakukan pemecahan jadwal, agar seluruh kegiatan yang direncanakan dapat berjalan dengan baik.

Aplikasi ini dibekali dengan fitur yang lebih komprehensif. Pengguna bisa mencatat kegiatan dengan lebih spesifik. Tidak hanya jadwal mata kuliah saja melainkan juga jadwal ujian, deadline tugas, dan lainnya. Menariknya, pengguna bisa memodifikasi aplikasi ini dengan memberikan warna pada jadwal. Selain itu pengguna juga bisa menambahkan kolom sesuai kebutuhan.

Itulah beberapa aplikasi pembuat jadwal pelajaran terbaik yang harus diunduh. Melalui aplikasi-aplikasi tersebut, maka kehidupan akan berjalan dengan lebih teratur dan produktif. Di samping itu, pengguna juga akan dituntut untuk dapat mengatur waktu dengan baik. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk penunjang penerapan hidup disiplin dari masih sekolah dasar, universitas, bahkan hingga dalam dunia pekerjaan!

Posting Komentar untuk "10 Aplikasi Pembuat Jadwal Pelajaran Terbaik"